LAPORAN
INDIVIDU
KULIAH
KERJA NYATA (KKN)
PEMBELAJARAN
DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PPM)
PONDOK
PESANTREN AL HIKMAH
DESA
SAWANGAN KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN
BATANG
Diajukan Dalam Memenuhi Tugas Individu Dalam Laporan Kuliah Kerja
Nyata ( KKN )
Oleh :
Nama : Chasan Mashuri
Nim : 116013940
UNIVERSITAS WAHID HASYIM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
SEMARANG
2014
HALAMAN
PENGESAHAN
Dengan ucapan
bismillahirrahmanirrahim, Pengasuh
Pondok Pesantren Al Hikmah Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang memberikan
persetujuan dan pengesahan laporan atas nama :
Nama
: CHASAN MASHURI
NIM
: 116013940
Fakultas
: Agama Islam
Jurusan : Pendidikan
Agama Islam
Mahasiswa
Universitas Wahid
Hasyim (Unwahas) Semarang yang telah
melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pondok Pesantren Al Hikmah Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang tanggal 6 Agustus – 6 September 2014.
Disahkan
di : Sawangan
Tanggal
: 6 September 2014
Mengetahui
Dosen
Pembimbing Lapangan Pengasuh Pon - Pes Al
Hikmah
H.
Asmuni, M.Pd.I KH.
Saifudin
KATA PENGANTAR
Segala puji syukur penulis panjatkan ke
hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan laporan Individu ini yang berjudul " Pengaruh Pengajian terhadap
minat membaca al-Quran pada anak Pondok Pesantren Al Hikmah di desa Sawangan "
Laporan Individu ini dimaksudkan untuk
memenuhi tugas mata kuliah Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Tahun 2014. Secara garis
besar Laporan ini berisi tentang Bagaimana upaya meningkatkan prestasi di Pondok.
Dalam kesempatan ini penulis menyampaikan
rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada beberapa pihak,di
antaranya :
1.
Yang Terhormat KH. Saifuddin Selaku Pengasuh Pondok Pesantren Desa Sawangan Kecamatan Gringsing, yang telah
banyak memberikan informasi kepada penulis.
2.
Yang Terhormat
Bapak H. Asmuni, M.Pd.I Selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN UNWAHAS
Tahun 2014 Desa Sawangan Kecamatan Gringsing, yang telah memberikan bimbingan
dengan tekun, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan individu ini.
3. Dan tak lupa teman-temanku seperjuangan yang KKN di Desa Sawangan
Kecamatan Gringsing, yang telah memberikan bantuannya.
Oleh karena itu saran dari pembaca
sangat penulis nantikan, akhirnya semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis
khususnya dan pembaca pada umumnya.
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL
|
…………………………………….................
|
I
|
|||||
HALAMAN
PENGESAHAN
|
……………………...............................
|
ii
|
|||||
HALAMAN
KATA PENGANTAR
|
…………………………….........
|
iii
|
|||||
HALAMAN
DAFTAR ISI
|
……………………………………….........
|
iv
|
|||||
BAB
I
|
:
|
PENDAHULUAN ………………………………………..
A.
Latar
Belakang ……….………………………………
B.
Tujuan
,……………… …………………………………
C.
Manfaat
dan Kegunaan ….……………………………
|
1
1
|
||||
BAB
II
|
:
|
PELAKSANAAN
KEGIATAN ………………………...
A. Teknis
Pelaksanaan …….…………………………….
B. Waktu
dan Tempat …………………………………...
|
|
||||
BAB
III
|
:
|
PENUTUP
…………………………………………………
A.
Kesimpulan,
……………………………………………
B.
Saran ………………………………………….………
C.
Kata
Penutup ………………………………….………
|
68
68
69
69
|
||||
LAMPIRAN-LAMPIRAN
, …………………………………………….. 73
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah
Perguruan
tinggi adalah lembaga pendidikan yang bertujuan menciptakan ilmuan yang
intelektual tinggi serta memiliki kepekaan terhadap lingkungan, sehingga
diharapkan mampu memecahkan permasalahan yang ada di sekitarnya.
Untuk
mewujudkan tujuan tersebut perguruan tinggi mempunyai tri dharma perguruan
tinggi yang meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, penelitian dan pengabdian
terhadap masyarakat. Kegiatan pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dikenal
dengan nama Kuliah Kerja Nyata (KKN).
KKN adalah
merupakan salah satu bentuk kegiatan mahasiswa mengamalkan ilmunya yang selama
ini diperoleh di banku perkuliahan, sehingga diharapkan mahasiswa mampu
memecahkan masalah nyata yang dihadapi oleh masyarakat yang ada di lokasi KKN
dan memberikan solusi alternatif serta membantu di berbagai bidang, baik bidang
pendidikan maupun bidang keagamaan.
Di antara
lembaga di atas, penulis khususkan laporan individu KKN pada pendidikan non
formal yaitu Pon Pes, hal ini
disebabkan karena penulis lebih banyak melakukan tugas lapangan di Pon Pes tersebut.
Kondisi anak didik di Pon Pes, disana sepengetahuan penulis sangat
memprihatinkan, terbukti dengan masih banyak santri – santri yang belum bias
membaca sekaligus didukung dengan kualitas guru yang belum memadai karena guru
– gurunya hanya berijazah SLTP saja serta didukung dengan sarana san prasarana
yang kurang memadai. Hal inilah yang membuat penulis untuk memberikan laporan
demi perbaikan bersama.
B.
Tujuan
Adapun tujuan
dari penulisan laporan ini adalah :
1.
Agar para
santri dapat membaca al-qur’an dengan baik dan benar.
2.
Agar
guru/pendidik mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik dan benar.
3.
Agar siswa atau
santri dapat belajar dengan baik.
C.
Manfaat dan Kegunaan
1.
Memperdalam Pengertian, penghayatan, dan pengalaman
mahasiswa tentang:
Ø Kemampuan meningkatkan
empati dan kepedulian mahasiswa pada sesame
Ø Nilai luhur berbagi pada
sesama melalui infaq dan sedekah
Ø Kesulitan yang dihadapi
masyarakat dalam pembangunan serta keseluruhan konteks masalah pembangunan
pengembangan daerah
2.
Mendewasakan alam pikiran mahasiswa dalam setiap
penelaahan dan pemecahan masalah kesadaran bersedekah yang ada di masyarakat
3.
Membentuk sikap dan rasa cinta, kepedulian sosial, dan
tanggung jawab mahasiswa terhadap kemajuan masyarakat
4.
Memberikan ketrampilan kepada mahasiswa untuk
melaksanakan program-program peengembangan dan pembangunan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Kegiatan yang
Dilakukan
Pelaksanaan
kegiatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kedungkumpul Kecamatan
sarirejo alhamdulillah berjalan dengan lancar, Adapun kegiatan yang sudah
berjalan adalah :
1. Memperkenalkan cara belajar membaca Al-Qur’an yang baik
dan benar.
2. Memperkenalkan do’a sehari – hari
3.
Menghafal surat
– surat pendek.
4.
Menanamkan
sifat akhlakul karimah.
B.
Hasil Kegiatan
Berdasarkan
kegitan yang sudah terlaksana di atas, dapat menghasilkan sebagai berikut :
1. Siswa mampu membaca dan memahami Al-Quran dengan baik dan
lancar walaupun hanya sebagian siswa.
2. Siswa mampu mengimplementasikan do’a – do’a dalam sehari
– hari.
3. Siswa dapat menghafal surat – surat pendek walaupun hanya
sebagian surat yang dihafal.
4. Siswa mampu mengimpelementasikan sifat akhlakul karimah
dalam kehidupan sehari – hari dan mampu menghormati orang tua.
C.
Tempat dan Waktu
a.
Tempat
Wilayah
pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN-PPM) 2014 UNHAWAS berlokasi di
Pondok Pesantren Al Hikmah Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.
b.
Waktu
Pelaksanaan
kuliah kerja nyata dilakukan dalam dua tahap yaitu :
1.
Pembekalan KKN dilaksanakana pada tanggal 20 Juli 2014 .
2.
Kegiatan Kuliah kerja nyata di lapangan dimulai dari tanggal
06 Agustus 2014 hingga penutupan kegiatan KKN di Ponpes Al Hikmah pada tanggal
06 September 2014.
BAB III
PENUTUP
A. SIMPULAN
Berdasarkan pembahasan yang ada di atas
maka dapat penulis simpulkan :
1. Bahwa masih banyak siswa atau santri yang belum mampu
membaca dan memahami al-Qur’an dengan baik dan benar terbukti masih ada santri
yang membacanya masih lambat.
2. Sistem pembelajarannya kurang aktif dan msih belum sesuai
dengan kurikulum yang ada, ini disebabkan karena para pendidiknya hanya lulusan
SLTP (Sekarang SMP).
3. Pembelajarannya sulit diterima karena sarana dan
prasarananya kurang memadai terbukti masalah pembagian buku kurang merata.
B. SARAN
Semoga dengan adanya kegiatan kuliah
kerja nyata (KKN) ini dapat menjadi motivasi bagi para santri – santri disana
sehingga mereka dapat meningkatkan prestasi belajar mereka.
LAMPIRAN – LAMPIRAN