Selasa, 20 Oktober 2015

PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI MATA PELAJARAN FIQIH DI MADIN MIFTAHUL HUDA DESA SAWANGAN KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015




PROPOSAL PENELITIAN


NAMA           : CHASAN MASHURI
NIM                : 116013940
FAKULTAS  : AGAMA ISLAM
PROGDI        : S1 PAI
JUDUL          :
PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI MATA PELAJARAN FIQIH DI MADIN MIFTAHUL HUDA DESA SAWANGAN KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


A.    Latar Belakang
Pendidikan Nasional diselenggarakan untuk mencapai tujuan seperti yang tercantum dalam bab II pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 yaitu bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif. mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa.
1
Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional seperti yang tersebut diatas maka perlu dilaksanakan pembelajaran di berbagai lingkungan pendidikan baik lingkungan pendidikan sekolah, keluarga maupun masyarakat.[1]Untuk mewujudkan tujuan tersebut memang bukan perkara mudah, hal tersebut terlihat bahwa sampai saat ini kita masih berkutat pada rendahnya mutu pendidikan nasional.
Hal tersebut setidaknya tercermin dari pertama rendahnya kemampuan siswa menyerap pelajaran, kedua kurang sempurnanya siswa dalam pembentukan  karakter yang terlihat dalam sikap dan kecakapan hidup yang   dimiliki   siswa,    dan ketiga adalah rendahnya kemampuan membaca santri. Permasalahan kualitas pendidikan berkaitaan dengan kompetensi ustadz, yaitu kompetensi guru yang berkaitan dengan pengelolaan proses belajar mengajar, kompetensi yang berkaitan dengan pengembangan potensi  dan penguasaan akademik. [2]
Dalam proses pembelajaran masih banyak ditemukan ustadz yang masih menggunakan proses belajar yang berpusat pada ustadz, metode yang digunakan adalah metode ceramah, ustadz menjejali santri dengan berbagai informasi sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat minim. Hasil yang diperolehpun akhirnya tidak bermakna bagi santri, santri kurang mampu menghafal bahan pelajaran.Potensi guru selama ini juga kurang berkembang, guru masih cenderung tradisional baik dalam penyampaian materi maupun metode dan alat peraga yang digunakan.Begitu juga perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi kurang diikuti oleh semangat ustadz untuk menyerap perkembangan tersebut akhirnya ustadz menjadi tertinggal bahkan buta terhadap tekhnologi.
Berkaitan antara kondisi pendekatan pembelajaran yang selama ini dilaksanakan oleh ustadz dan kondisi rendahnya kualitas pendidikan maka pada era sekarang telah terjadi perubahan paradigma pembelajaran  yaitu perubahan dari proses pembelajaran yang behavioristik menjadi kontruktivisme ; dari yang teacher centered menjadi student centered. Penyakit yang paling berkecamuk di madrasah dimana terjadi disetiap situasi belajar adalah verbalisme dan jauh dari realisme.[3]
 Pada masa sebelum sekolah anak-anak jauh dari verbalisme sebab mereka mengalami sendiri setiap perbendaharaan kata dan setiap pengetahuan yang mereka miliki lewat pengetahuan langsung, melihat langsung, mendengar langsung, meraba dan menggunakan alat indra lainnya.  Hasil pelajaran yang mereka dapatkan relatif tetap, permanen dan tidak mudah lupa.Untuk mengatasi permasalahan verbalisme tersebut maka alternatif model pembelajaran adalah dengan mengenalkan dunia nyata kepada setiap pembelajaran kepada anak. Jika kita tidak dapat membawa siswa ke dalam dunia nyata atau benda tidak dapat kita bawa kedalam proses pembelajaran di kelas maka alternatifnya adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Media   pembelajaran   adalah   alat   bantu   yang dapat mempermudah proses penerimaan materi pelajaran yang disampaikan ustadz kepada santrinya sehingga mempermudah pencapaian kompetensi yang diharapkan.
Dengan melihat uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa  paradigma pembelajaran di era sekarang menuntut santri untuk aktif mencari informasi dengan memanfaatkan sumber informasi yang ada  misalnya internet, CD pembelajaran, media massa dan lain-lain.
Madrasah Diniyah Miftahul Huda merupakan salah satu institusi pendidikan yang telah merintis penggunaan media CD pembelajaran dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013. Berdasarkan uraian tersebut penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian dengan judul PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI MATA PELAJARAN FIQIH DI MADIN MIFATAHUL HUDA DESA SAWANGAN KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG  TAHUN PELAJARAN 2014/2015 “.

B.     Alasan Pemilihan Judul
Beberapa alasan yang mendorong penulis untuk memilih judul skripsi tersebut adalah :
1.      Menurut pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, pembelajaran hanya terjadi bila siswa memproses informasi atau pengetahuanyang diperoleh sedemikian rupa sehingga informasi itu bermanfaat bagi mereka. Dalam pendekatan Contextual Teaching and Learning,ustadz bukan satu-satunya sumber informasi bagi santri tetapi ustadz lebih berperan sebagai fasilitator yang menyediakan, mengarahkan siswa untuk mendapatkansumber informasi termasuk dalam hal ini adalah buku-buku, laboratorium, komputer, koran dan masyarakat. Ustadz mendorong santri untuk menemukan sendiri informasi dan pengetahuannya, menyusunnya sendiri menjadi sesuatu yang bermakna bagi dirinya. Dengan Contextual Teaching and Learning santri dapat memperkuat, mengembangkan dan menerapkan pengetahuan akademik serta keterampilan mereka di berbagai di lingkungan hidupnya. Salah satu sumber dan media belajar yang dapat dipergunakan santri untuk memperoleh informasi yang pada saat ini sedang berkembang adalah media CD interaktif.
2.      Prestasi belajar santri ditentukan oleh banyak faktor yaitu adanya motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, minat belajar, sarana belajar, perhatianorang tua, keadaan keluarga, metode mengajar ustadz, pola belajar, fasilitas belajar, ketersediaan bahan belajar / sumber belajar,  kecerdasan atau intelegensi, kesehatan, kedisiplinan, relasi ustadz dengan santri, relasi antar santri. Pada saat ini sedang dikembangkan penggunaan pembelajaran inovatif dengan metode dan penggunaan media belajar yang lebih modern dan membantu santri mendapatkan informasi belajarnya. Salah satu yang dikembangkan adalah penggunaan multimedia CD  interaktif.
3.      Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang adalah salah satu Madrasah yang berada di Kecamatan Gringsing. Madin Miftahul Huda yang pada satu  tahun terakhir  sedang berbenah diri antara lain berusaha menyediakan sumber belajar modern bagi santri-santrinya yaitu dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi berbentuk CD pembelajaran interaktif. Kegiatan pembelajaran dengan CD interaktif dilaksanakan secara klasikal didalam kelas namun pada santri yang memiliki sarana dirumah maka bagi mereka diperkenankan untuk melakukan pembelajaran dirumah secara mandiri.

C.    Telaah Pustaka
Beberapa laporan hasil penelitian yang dijadikan acuan berfikir, landasan dan referensi kepustakaan dalam melakukan penelitian ini adalah :
1.           Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas oleh Puji Rahayu,S.Pd Guru pada SMP Negeri 3 Tersono Kab.Batang yang  berjudulUpaya peningkatan pemahaman siswa terhadap kompetensi mata pelajaran IPA melalui penggunaan media multimedia interaktif di SMP Negeri 3 Tersono Tahun Pelajaran 2008/2009. [4]
Laporan hasil penelitian ini memberikan informasi kepada peneliti tentang efektifitas penggunaan media multimedia interaktif bagi peningkatan pemahaman kompetensi pada mata pelajaran IPA.  Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki pada multi media interaktif maka pemahaman siswa dapat ditingkatkan.
Keunggulan penelitian ini adalah  memberikan alternatif yang  nyata bagi peningkatan pemahaman yang pada akhirnya diharapkan terjadi peningkatan prestasi belajar siswa.
2.           Laporan Hasil Penelitian oleh Suci Andriyani yang berjudul Pengaruh Membaca di Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar siswa SD Amongrogo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Tahun 2008/2009.[5]
Laporan hasil penelitian mahasiswa Universitas Wahid Hasyim Semarang ini memberikan referensi bagi penulis tentang penggunaan sumber belajar berupa buku-buku di perpustakaan dalam pembelajaran di SD dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa, hasil penelitiaan menunjukan bahwa dengan membaca di perpustakaan siswa meningkat prestasi belajarnya.
3.           Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas oleh Bambang Susmono yang berjudul Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media OHP di SMP Negeri 3 Tersono Kabupaten Batang tahun Pelajaran 2008/2009.[6]
Laporan hasil penelitian tersebut memberikan referensi kepada penelitian tentang penggunaan media OHP yang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran matematika.
Berdasarkan tinjauan pustaka tersebut dapat disimpulkan bahwa  pencapaian prestasi belajar santri dapat ditempuh dengan menggunakan berbagai macam media mulai dari alat media sederhana sampai yang modern saat ini. Berdasarkan telaah pustaka dan simpulan tersebut diatas maka penulis mencoba untuk melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan media CD Interaktif terhadap prestasi belajar santri Madin Mifatahul Huda Desa sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Perbedaan antara telaah pustaka dengan skripsi yang akan penulis susun adalah :
1.      Telaah pustaka meneliti tentang pengaruh penggunaan media OHP dan pemanfaatan sumber belajar berupa perpustakaan terhadap prestasi belajar penggunaan multimedia dalam rangka meningkatkan prestasi belajar sedang penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan CD pembelajaran interakif terhadap peningkatan prestasi belajar.
2.      Lokasi penelitian yang ada pada telaah pustaka dilakukan pada jenjang SMP dengan  mata pelajaran tertentu  dan  di SD. Sedang penelitian yang penulis lakukan adalah dilakukan di Madrasah Diniyah ( MADIN ) yang meliputi seluruh kelas dan khusus mata pelajaran fiqih.
D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang, alasan pemilihan judul dan penegasan istilah yang telah penulis uraikan  tersebut diatas maka  rumusan permasalahan dalam  penelitian ini yaitu :
1.      Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan Media CD Interaktif  di Madin Miftahul Huda desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2014/2015?
2.      Bagaimanakah prestasi belajar santri Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2014/2015?
3.      Adakah pengaruh pembelajaran dengan Media CD Interaktif terhadap prestasi belajar santri di Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2014/2015?

E.     Penegasan istilah
Penegasan istilah ini dimaksudkan untuk lebih memperjelas dan menghindari kesimpangsiuran yang berakibat pada kesalahpahaman. Penegasan-penegasan istilah yang dimaksud  oleh penulis adalah sebagai berikut :
1.         CD Pembelajaran Interaktif
CD pembelajaran interaktif merupakan bentuk multimedia. Multimedia berasal dari dua kata yaitu multi yang artinya banyak dan media sehingga dapat diartikan bahwa multimedia sebagai gabungan dari berbagai media.
CD pembelajaran interaktif adalah CD pembelajaran yang telah disiapkan tentang suatu materi atau bahan ajar yang diajarkan dikelas yang bersangkutan. Pengoperasian CD ini bisa menggunakan computer multimedia   atau DVD player.



2.      Prestasi belajar
Pengertian prestasi belajar menurut Purwanto dalam Ridwan, prestasi belajar adalah hasil yang dicapai seseorang dalam usaha belajar sebagaimana yang dinyatakan dalam raport. [7]
Sedang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari apa yang telah dilakukan. [8]
Dari uraian diatas dapat diberikan pengertian bahwa prestasi adalah hasil kerja yang dicapai seseorang dengan kemampuan setinggi– tingginya.
Belajar  adalah suatu  proses  perubahan  tingkah  laku  di dalam diri manusia. Bila telah selesai suatu usaha belajar tetapi tidak terjadi perubahan pada diri individu yang belajar, maka tidak dapat dikatakan bahwa pada diri individu tersebut telah terjadi proses belajar.[9]
Dengan demikian pengertian prestasi belajar dapat diberikan batasan sebagai berikut : Prestasi belajar adalah hasil kerja belajar seseorang yang diperoleh atau dicapai dengan kemampuan yang optimal.
3.      Madin Miftahul Huda Desa sawangan Kecamatan Gringsing  Kabupaten Batang
Madin Mifatahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang adalah suatu lembaga pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan tingkat menengah atas .
Dengan demikian berdasarkan penegasan istilah tersebut diatas  dapat diambil suatu batasan pengertian dari judul skripsi yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran dengan Media CD Interaktif terhadap peningkatan prestasi belajar santri di Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang pada Tahun Pelajaran 2014/2015.

F.     Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.         Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan Media CD Interaktif di  Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2014/2015.
2.         Untuk mengetahui prestasi belajar santri Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2014/2015.
3.         Untuk mengetahui  ada atau tidak adanya  pengaruh pembelajaran dengan Media CD Interaktif terhadap prestasi belajar santri Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Manfaat yang diharapkan dapat diperoleh oleh berbagai pihak dari hasil penelitian ini adalah:
1.         Manfaat Teoritis:
a)      Sebagai tambahan wawasan bagi peneliti tentang efektifitas pembelajaran dengan media CD Interaktif bagi peningkatan prestasi belajar santri.
b)      Sebagai informasi bagi pihak lain yang ingin menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan rujukan, pembanding, pelengkap ataupun bahan kepustakaan
2.         Manfaat Praktis :
a)      Untuk memberikan masukan bagi Kepala Madin Mifatahul Huda Desa sawangan untuk memberikan arahan kepada ustadz – ustadz agar melaksanakan pembelajaran yang inovatif yaitu menggunakan media CD Interaktif.
b)      Untuk memberikan sumbangan praktis kepada ustadz – ustadz Madin Mifatahul Huda Desa Sawangan agar menggunakan media CD Interaktif  dalam merancang proses belajar mengajar sehari-hari.
c)      Sebagai bahan masukan kepada siswa agar memiliki kemampuan dalam mengoperasikan media CD interaktif sehingga mampu menyerap pengetahuan dan ketrampilan agar meningkat prestasi belajarnya.

G.    Rumusan Hipotesis
Hipotesis adalah  kesimpulan sementara kerangka pemikiran dari seorang peneliti. Hipotesis adalah rumusan jawaban sementara atau dugaan sehingga untuk membuktikan benar tidaknya dugaan tersebut perlu diuji terlebih dahulu.[10]Sementara Sutrisno hadi menyatakan bahwa hipotesis adalah merupakan pernyataan yang masih lemah kebenarannya dan masih perlu dibuktikan kenyataanya.[11]
Rumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah  ada pengaruh yangsignifikan antara pembelajaran dengan media CD Interaktif dengan  prestasi belajar santri di Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2014/2015. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika ustadz mendisain pembelajaran dengan memilih dan menggunakan CD Interaktif  maka santri akan mengalami peningkatan  prestasi belajarnya

H.    Metodologi Penelitian
1.      Jenis dan Pendekatan Penelitian
Terdapat berbagai jenis penelitian tergantung dari sudut pandang mana jenis penelitian tersebut dilihat. Dalam melihat jenis penelitian peneliti dapat melihat penelitian dari tujuan penelitian, jenis pendekatan penelitian yang dilakukan, bidang ilmu penelitian yang ditekuni, tempat penelitian dan sebagainya. [12]
Menurut tempat dilakukannya penelitian maka penelitian ini termasuk penelitian kancah atau penelitian lapangan.[13] Tempat yang dimaksud adalah Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.
Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sebab dalam analisa data digunakan persyaratan adanya angka dan bilangan serta symbol atau ekuasi numerik.[14]
Berdasarkan uraian tersebut diatas maka penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  lapangan dengan teknik statistic parametric.

2.      Variabel dan Indikator
Variabel penelitian dapat diartikan sebagai objek penelitian atau apa yang menjadi perhatian suatu penelitian[15] . Ada dua jenis variabel  yaitu :
a.       Variabel bebas atau independent variable ( X ) adalah variabel  yang mempengaruhi  variabel lain.
b.      Variabel terikat atau dependent variabel ( Y ) adalah variabel yang dipengaruhi atau variabel tergantung[16]
Dari judul penelitaian yaitu pengaruh pembelajaran dengan CD Interaktif terhadap prestasi belajar santri di Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2014/2015 maka  variabel dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.          Variabel bebas  / variabel independent ( X ) yaitu pembelajaran dengan media CD Interaktif yang dijabarkan ke dalam indikator sebagai berikut :
1)      Pengetahuan santri terhadap media CD interaktif.
2)      Kualitas media.
3.      Kemampuan ustadz dalam mengoperasikan media CD pembelajaran interaktif.
4.      Kemampuan santri mengikuti  skenario pembelajaran dengan menggunakan CD pembelajaran interaktif.
b.         Variabel terikat / variabel dependent ( Y ) adalah prestasi belajar santri Madin Miftahul Huda Desa Sawangan dengan indikator nilai rata-rata raport semester I siswa kelas I, II, III dan IV pada tahun pelajaran 2014/2015.

3.      Populasi dan sampel
Populasi adalah seluruh subyek penelitian.[17]Dalam penelitian ini populasi penelitian ini adalah seluruh santri Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 160 santri.
Sampel penelitian adalah sebagian atau wakil populasi yang akan diteliti.[18] Selanjutnya Suharsimi Arikunto menyatakan  jika subyek penelitian kurang dari 100 maka seluruh  populasi  harus  dijadikan subyek penelitian    sedangkan   jika   lebih    dari   100,  sampel diambil 10 s.d.15 % atau 20 s.d 25 % atau lebih. [19]  Karena jumlah populasi lebih dari 100 santri maka sampel penelitian diambil sebanyak 24 % atau 40 santri terdiri dari kelas I sebanyak 10 santri, kelas II sebanyak 10 santri, Kelas III sebanyak 10 santri dan  kelas IV sebanyak 10 siswa yang diambil secara acak.  Penentuan sampel dari kelas I, II, III dan IV didasarkan pada suatu pertimbangan pada kemampuan santri yaitu kemampuan menjawab instrument penelitian yaitu angket  tentang pembelajaran dengan media CD interaktif.
4.      Metode pengumpulan data
Data merupakan bagian penting dalam sebuah penelitian.Dalam suatupenelitian ,  alat  pengambilan  data  menentukan  kualitas  data yang akan dikumpulkan dan kualitas data  menentukan kualitas hasil penelitian.Menurut Arikunto yang dimaksud data adalah hasil pencatatan peneliti baik berupa fakta maupun angka.[20]
Data-data dalam penelitan  ini  dihimpun dari data lapangan dan data-data pustaka karena peneltian ini adalah penelitan lapangan artinya peneltian ini dilakukan dengan terjun langsung ke lokasi fenomena itu terjadi. Dalam penelitan ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah :
a.       Metode Observasi
Yaitu metode atau cara pengumpulan data dengan jalan mengadakan pengamatan dan pencatatan dengan sistematik fenomena-fenomena yang diselidiki. [21]
Metode ini digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data tentang kondisi pembelajaran di Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang  pada umumnya.
b.      Metode Angket
Kuisioner adalah alat pengumpulan data yang berupa sejumlah pertanyaan tertulis  yang  digunakan  untuk  memperoleh  informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal lain yang ia ketahui.[22] Metode ini digunakan untuk mendapatkan data tentang pembelajaran dengan CD interaktif yang dilakukan oleh ustadz dan santri kelas I, II, III dan IV Madin Miftahul Huda Desa sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang  Tahun Pelajaran 2014/2015.
Untuk menyusun angket maka penulis menuangkannnya dalam bentuk kisi-kisi angket yang dikembangkan dari variabbel dan indikator penelitian yaitu :

No
Variabel
Indikator
No angket
1.
Pembelajaran dengan CD interaktif
1.      Pengetahuan siswa terhadap media CD interaktif
1 s.d 4
2.      Kualitas media
5 s.d 7
3.      Kemampuan guru dalam mengoperasikan Media
8 dan 9
4.      Kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan CD
10 s.d 20

Jenis kuisioner yang digunakan adalah kuisioner pilihan ganda dengan menggunakan 5 (lima) pilihan jawaban dengan pembobotan yang berbeda. Data hasil angket diberikan skor dengan pembobotan sebagai berikut :
1)      Alternatif jawaban A untuk jawaban sangat setuju dengan skor 5
2)      Alternatif jawaban B untuk jawaban setuju dengan skor 4
3)      Alternatif jawaban C untuk jawaban kurang setuju dengan skor 3
4)      Alternatif jawaban D untuk jawaban tidak setuju dengan skor 2
5)      Alternatif jawaban E untuk jawaban sangat tidak setuju dengan skor 1
c.       Metode dokumentasi
Metode dokumentasi  adalah suatu metode untuk mencari data mengenai hal-hal  atau variabel yang berupa catatan , transkip, buku, surat kabar, majalah, prestasi, notulen rapat, leger, agenda dan sebagainya. [23] Dalam penelitian ini metode dokumentasi digunakan untuk mendapat data dari variabel Y yaitu prestasi belajar santri kelas I, II, III dan IV Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2014/2015. Data tersebut berupa  nilai raport siswa kelas I, II, III dan IV Madin Miftahul Huda Desa Sawangan semester I tahun pelajaran 2014/2015.
d.      Metode Wawancara
Metode wawancara adalah suatu metode pengumpulan data dengan cara melakukan tanya jawab dengan sumber data. Data yang dimaksud adalah gambaran umum tentang Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Wawancara dilakukan kepada Kepala Madin Miftahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.

5.      Metode Analisis Data 
Untuk menganalisis data  dilaksanakan tahapan sebagai berikut :
a.       Analisis pendahuluan
Analisis data pada tahapan ini adalah dengan mengelompokan data hasil angket  dan dokumentasi prestasi belajar  ke dalam tabel frekuensi.
b.      Analisis uji hipotesis
Analisis tahapan ini  adalah analisis untuk  menguji hipotesis yang sudah ditetapkan. Untuk menguji hiptesis digunakan  rumus statistik dari korelasi product moment dari Pearson. [24]
r  =
Keterangan :
rxy  = koefisien korelasi antara variabel  X dan  variabel Y
X   = variabel pembelajaran CD interaktif
Y   = variabel prestasi belajar siswa
N   = jumlah responden
c.       Analisis lanjut
Analisis uji hipotesis akan menghasilkan koefisien korelasi. Kemudian koefisien korelasi tersebut dinterpretasikan  atau dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikais 5% dan 1%.
1)      Jika nilai r  observasi ( nilai r hitung ) lebih besar atau sama  dengan r tabel berarti hasil penelitian menunjukan hasil yang “siginifikan” artinya hipotesis diajukan diterima.
2)      Jika nilai r  observasi ( nilai r hitung ) lebih kecil dari pada  r tabel berarti hasil penelitian menunjukan hasil yang “ non siginifikan” artinya hipotesis yang diajukan ditolak.

I.       Sistematika Penulisan Skripsi
Penulisan skripsi ini oleh penulisan dibagi dalam tiga bagian . Bagian-bagian tersebut yaitu :
1.      Bagian muka
Pada bagian ini terdiri dari beberapa halaman yaitu Halaman Judul, Halaman Nota Pembimbing, Halaman Pengesahan, Halaman Motto, Halaman Persembahan, Kata Pengantar, Pedoman Transliterasi,Daftar Isi dan Daftar Tabel
2.      Bagian isi ( Batang Tubuh )
Bagian ini terdiri dari lima Bab yaitu :

BAB I
:
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah, Alasan Pemilihan Judul, Telaah Pustaka, Rumusan Masalah, Penegasan Istilah,Tujuan dan Manfaat Penelitian, Rumusan Hipotesis, Metodologi Penelitian dan Sistematika Penulisan Skripsi.
BAB II
:
LANDASAN TEORI TENTANG PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF  DAN PRESTASI  BELAJAR SANTRI
Bab ini terdiri dari 3 sub bab yaitu:
A.      Pembelajaran dengan media CD Interaktif meliputi Pengertian Media, Media dan pembelajaran, Macam-macam media,  Kegunaan media dalam pembelajaran, Media CD interaktif ,Karakteristik media CD Interaktif dan Kelebihan / kekurangan  media CD interaktif
B.       Prestasi belajar siswa meliputi Pengertian Prestasi, Pengertian Belajar, Ciri-ciri belajar, Jenis-jenis belajar, Prinsip-prinsip belajar, Pengertian prestasi belajar, Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar, Syarat-Syarat Prestasi Belajar, Faktor Psikologis Dalam Belajar
C.       Hubungan pembelajaran dengan Media CD Interaktif  dengan prestasi  belajar siswa
BAB III
:
HASIL PENELITIAN TENTANG  PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF  DAN PRESTASI BELAJAR SANTRI MATA PELAJARAN FIQIH DI MADIN MIFTAHUL HUDA DESA SAWANGAN KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015.
Bab ini terdiri dari dua sub bab yaitu :
A.    Gambaran Umum Madin Mifatahul Huda Desa Sawangan Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang meliputi Sejarah berdirinya, Letak geografis, Keadaan sarana dan prasarana, Struktur organisasi, dan Keadaan ustadz dan santri
B.     Penyajian data angket meliputi data hasil angket pembelajaran dengan CD Interaktif dan  data prestasi belajar santri

BAB IV
:
ANALISIS DATA TENTANG PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA CD INTERAKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI MATA PELAJARAN FIQIH DI MADIN MIFTAHUL HUDA DESA SAWANGAN GRINGSING KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015.
Bab ini meliputi analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjut
BAB V
:
PENUTUP
Bab ini meliputi kesimpulan,saran dan kata penutup

3.      Bagian akhir
Bagian ini meliputi halaman Daftar Pustaka , Lampiran-lampiran dan Daftar Riwayat Hidup Penulis.

Semarang,  November 2014
Pembimbing I                                                                          Peneliti


H. Nur Cholid, M.Ag., M.Pd.                                              Chasan Mashuri
NPP. 08.05.1.0143                                                                 NIM. 116013940

Pembimbing II


M. Farid Fad, M.SI.piran
=
s
 

DAFTAR  PUSTAKA

Anggoro ,M.Toha,Metode penelitian, Jakarta: Universitas Terbuka,2008.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta,1998

Depdikbud, Metodologi Pembelajaran Bahan sajian Untuk Penataran Intruktur, Malang: PPPG IPS,1997

Dirjen PLP, Pengembangan Media dan Sumber Belajar, Materi Pelatihan PTBK di Ngrajek Magelang, tanggal 16 Agustus 2004.
Hadi,Sutrisno,Metodologi Research Jilid III, Yogyakarta: Yayasan Penerbit FIP IKIP Yogyakarta,1976
Hadi,Sutrisno,Statistik Jilid II,Yogyakarta: Andi Offset, 2000
Haryanto, Edi, Hubungan Antara Kedisiplinan dan minat belajar dengan prestasi siswa kelas II SMP 3 Gringsing Kabupaten Batang Tahun 2005.(Skripsi),Yogyakarta, STKIP Catur Sakti
Lestari, Puji, Pemanfataan Media dalam Pembelajaran, Makalah Disampaikan dalam Diklat PLPG di Unnes Semarang,tanggal 16 September 2009
Muhamad,Abu, Prestasi belajar ,Artikel 29 Mei 2008
Mujiyanto,Paulus. Pendekatan Kontekstual, Modul Pembelajaran. Batang : BKD,2005.
Rahayu,Puji, Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Kompetensi Mata Pelajaran IPA Melalui Penggunaan Media Multimedia Interaktif di SMP Negeri 3 Limpung Tahun Pelajaran 2008/2009.
Ridwan, Belajar,Minat,Motivasi dan Prestasi belajar , Artikel 3 Mei 2008
Susilana,Rudi,Sumber Belajar dalam Pendidikan,Ilmu dan Aplikasi Pendidikan,Jakarta:IMTIMA,2007
Susmono,Bambang, Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media OHP di SMP Negeri 3 Limpung Kabupaten Batang tahun Pelajaran 2008/2009(PTK),t.p,2009
Tarno, Berita Mulia, Batang:Mitra Mandiri,2009
Tim Penyusun Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka,1996
Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003, Semarang : Aneka Ilmu,2004
Winataputra,Udin S,Teori Belajar Minat dan Pembelajaran ,Jakarta: UT, 2008














No


Variabel


Indikator

No angket
1.
Pembelajaran dengan CD interaktif
5.      Pengetahuan siswa terhadap media CD interaktif
1 s.d 4
6.      Kualitas media
5 s.d 7
7.      Kemampuan guru dalam mengoperasikan Media
8 dan 9
8.      Kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan CD
10 s.d 20
KISI – KISI ANGKET PENELITIAN











INSTRUMEN PENELITIAN
I.       Identitas responden          :
Nama                                 : ……………………….
Kelas / No                         : ……………………….
II.    Petunjuk pengisian            :
a.       Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan cara memilih jawaban yang  paling sesuai dengan keadaanmu dengan memberi tanda silang ( X ) pada huruf A,B,C,D atau E
b.      Pilihan jawaban tidak memiliki akibat apapapun terhadap kalian sehingga dimohon untuk memberikan jawaban secara jujur.
III. Pertanyaan                                    :          
1.        Dalam kegiatan belajar mengajar, bapak / ibu guru pernah memberikan penjelasan tentang media CD interaktif.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
2.        Dalam kegiatan belajar mengajar , bapak /ibu guru menjelaskan tata cara penggunaan CD media interaktif.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
3.        Dalam kegiatan belajar mengajar , bapak /ibu guru memberikan motivasi untuk belajar menggunakan CD media interaktif

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
4.        Dalam pembelajaran menggunakan cd media interaktif, bapak/ibu guru selalu melibatkan siswa.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
5.        Dalam pembelajaran menggunakan cd media interaktif, bapak/ibu guru tetap menggunakan media yang lain.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
6.        CD media yang digunakan oleh bapak/ibu guru dalam kegiatan belajar sangat baik dan sesuai dengan materi pelajaran yang sedang disampaikan.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
7.        Karena CD media yang digunakan bapak/ibu guru sangat baik maka siswa sangat tertarik mengikuti pembelajaran.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
8.        Dalam menggunakan media CD interaktif bapak/ibu guru menguasai peralatan-peralatan yang digunakan

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
9.        Dalam menggunakan media CD interaktif bapak/ibu guru menguasai cara-cara pengoperasiannya

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
10.    Dalam menggunakan media CD interaktif bapak/ibu guru merencanakan dengan baik.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
11.    Dalam menggunakan media CD interaktif bapak/ibu guru sesuai dengan rencana pembelajaran.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
12.    Karena bapak ibu guru dalam pembelajaran menggunakan media CD interaktif  saya sangat berminat mengikuti pelajaran.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
13.    Karena bapak ibu guru dalam pembelajaran menggunakan media CD interaktif  maka minat belajar saya semakin meningkat.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
14.    Karena bapak ibu guru dalam pembelajaran menggunakan media CD interaktif  maka minat saya untuk belajar computer semakin meningkat

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
15.    Penggunaan media CD interaktif  mampu memusatkan perhatian saya dalam mengikuti pelajaran.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
16.    Penggunaan media CD interaktif  mampu memusatkan perhatian saya sehingga saya lebih mudah menerima dan memahami materi pelajaran.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
17.    Penggunaan media CD interaktif  mampu menumbuhkan motivasi belajar saya dalam mengikuti pelajaran.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
18.    Penggunaan media CD interaktif  mampu menumbuhkan motivasi belajar saya sehingga saya lebih terdorong untuk lebih giat belajar setelah pulang sekolah.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
19.    Dengan penggunaan media cd interaktif, saya lebih mudah menerima bahan pelajaran yang disampaikan baak/ibu guru.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
20.    Dengan penggunaan media cd interaktif, bahan pelajaran yang disampaikan bapak/ibu guru menjadi jelas, tidak kabur dan mudah dipahami.

A.    Sangat setuju                                      D. Tidak setuju

B.     Setuju                                                 E. Sangat tidak setuju
C.     Kurang setuju
PEDOMAN  OBSERVASI

Hari /tanggal   : …………………………………
Jam                  : …………………………………
Tempat            : …………………………………
Kelas               : …………………………………

No
Sasaran pengamatan
Hasil pengamatan
Baik
Sedang
Kurang
A
Persiapan mengajar  guru



B
Ketrampilan guru dalam membuka pelajaran



C
Pelaksanaan pembelajaran




a.    Keterlibatan siswa dalam pembelajaran




b.    Penggunaan media CD  interaktif




c.    Kemampuan guru dalam mengioperasikan media




d.   Keterlibatan siswa dalam penggunaan media



D
Kemampuan guru dalam menutup pelajaran




a.    Memberikan penguatan




b.    Memberikan simpulan




c.    Memberikan tes akhir



Observer
                       
CHASAN MASHURI

PEDOMAN  WAWANCARA

1.      Bagaimanakah sejarah berdirinya Madin Mifatahul Huda Desa Sawangan?
2.      Berapakah jumlah dan kualifikasi akademik guru di Madin Mifatahul Huda Desa Sawangan?
3.      Bagaimanakah kondisi gedung di Madin Mifatahul Huda Desa Sawangan?
4.      Bagaimanakah struktur organisasi di Madin Mifatahul Huda Desa Sawangan?
5.      Bagaimanakah kondisi santri di Madin Mifatahul Huda Desa Sawangan?
6.      Bagaimanakah kondisi sarana dan prasarana di  Madin Mifatahul Huda Desa Sawangan?
7.      Bagaimanakah kondisi pembelajaran di Madin Mifatahul Huda Desa Sawangan ?





wayat Hidup


[1]Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003, Jakarta : Depdiknas, 2003, h.8.
[2]  Paulus Mujiyanto, PendekatanKonstektual Modul Pembelajaran, Batang : BKD, 2005, h.1.
[3]  Dirjen PLP, Pengembangan Media dan Sumber Belajar, Makalah disampaikan pada Pelatihan PTBK di Ngrajek Magelang, tanggal 16 Agustus 2004, h.4
[4]Puji Rahayu, Upaya peningkatan pemahaman siswa terhadap kompetensi mata pelajaran IPA melalui penggunaan media multimedia interaktif di SMP Negeri 3 Tersono Tahun Pelajaran 2008/2009.(PTK),t.p,2008

                   [5]Suci Andriyani, Pengaruh Membaca di Perpustakaan Terhadap PrestasiBelajar siswa SD Amongrogo Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Tahun 2008/2009 (Skripsi, UWH ): t.p,2009
          [6]Bambang Susmono, Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media OHP di SMP Negeri 3 Tersono Kabupaten Batang tahun Pelajaran 2008/2009(PTK),t.p,2009
[7] Ridwan,Belajar,Minat,Motivasi dan Prestasi belajar , Artikel 3 Mei 2008. ,h.2
[8] Tim Penyusun Kamus, Kamus Besar bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,1984,h.787
[9]  Udin S Winataputra, Teori Belajar Minat dan Pembelajaran, Jakarta:UT,h.1.8
[10]Toha Anggoro,Metode penelitian, Jakarta: Universitas Terbuka,2008,h.1.27
[11]Sutrisno Hadi,Statistik Jilid II,Yogyakarta, Andi Offset, 2000,h.210
[12]Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitan Suatu pendekatan Praktik,Jakarta : Rineka Cipta,1998,h.7
[13]Ibid,h.8
[14]Toha Anggoro,Loc Cit,h 3.15
[15]Suharsimi Arikunto, Op Cit.81
[16]Ibid,h.107
[17]Ibid,h.115
[18]Ibid,h.9
[19]Sutrisno Hadi,Metodologi Research Jilid III, Yogyakarta: Yayasan Penerbit FIP IKIP Yogyakarta,1976,h.136
                [20]Ibid,h.117
                [21]Ibid,h.120
[22]Suharsimi Arikunto,Op Cit, h.140
[23]Ibid, h.236
[24]Suharsimi Arikunto,Op Cit, h.162